Selasa, 27 Juli 2010

Mendaur Ulang Sampah Gelas Plastik, Yuk..

Bunga dari Gelas Air Mineral
IAR, Bogor -- Tim edukasi International Animal Rescue (IAR) Indonesia mengadakan kegiatan mendaur ulang sampah bekas gelas plastik. Mendaur ulang ini untuk dijadikan pajangan bunga hias. Peserta kegiatan ini diikuti oleh 22 anak yang berasal dari warga di sekitar Curug Nangka, Ciapus, Jawa Barat pada 9 Juli 2010.

Anggota tim edukasi Indri, sebelum memulai praktek, terlebih dulu menyampaikan penjelasan kepada anak-anak tentang bagaimana membuat hiasan bunga dari bahan yang sudah tak terpakai. Indri juga memberikan pengantar mengenai dampak sampah bagi lingkungan rumah tinggal.

Usai memberikan penjelasan, anak-anak disuguhkan dengan pemutaran film berjudul "Sup Batu". Film ini diputar selama kurang dari 60 menit. Barulah setelah film berakhir, proses prakarya alih fungsi gelas plastik dimulai.

Anak-anak tampak antusias mengotak-atik benda bawaannya. Kedua tangannya terlihat sibuk memegang peralatan. Sementara anak lainnya terlihat sedang mengunting gelas dibagian bawah. Hasil guntingan itu terlihat menyerupai pucuk bunga yang sedang mengembang ke udara.

Hasil pembuatan bunga hias ini nantinya dapat dibawa pulang sepekan mendatang saat kegiatan lainnya digelar dihari itu. Diantara karya yang sudah jadi, beberapa bunga sudah diletakkan diatas meja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar