Selasa, 06 Juli 2010

Minim Pengetahuan Merawat Kukang, Akibatkan Kematian


IAR, Bogor -- Malang betul nasib Cinere. Kukang Sumatera betina milik Setiawati warga Cinere, Depok ini, akhirnya tewas di pusat rehabilitasi International Animal Rescue (IAR) Indonesia di Ciapus, Curug Nangka, Bogor, Jawa Barat, setelah selama dua pekan mendapatkan perawatan intensif dari tim medis IAR. Kukang seberat 550 gram ini menurut tim dokter mengalami demam tinggi.

Sebelum diserahkan ke pusat rehabilitasi IAR pada 24 Juni lalu, kondisi kesehatan Cinere sangat mengkhawatirkan. Gigi taring atas dan bawah ompong. Dia juga jarang sekali menyantap makanan dan minuman yang disediakan. Bahkan, tak jarang Cinere memuntahkan makanan dari dalam perutnya. Pemandangan seperti itu kerap tergambar ketika kondisinya melemah.

Menurut penuturan Setiawati, semasa hidupnya, Cinere sudah dipelihara kurang lebih selama setahun. Dalam setahun itu, Cinere hanya diberi makan buncis dan pisang. Cinere ditempatkan di sebuah keranjang cucian. Saat kondisinya parah, Setiawati kemudian menghubungi tim rescue IAR untuk meminta bantuan.

Peristiwa yang menimpa Cinere menggambarkan bahwa Kukang bukanlah hewan peliharaan. Ia adalah hewan liar yang seharusnya hidup di alam. Sebagus apa pun kandangnya dibuat, bagi kukang itu adalah penyiksaan.

Menyayangi Kukang adalah dengan membiarkan mereka hidup di hutan bebas.

3 komentar:

  1. assalamu'alaikum...
    saya bayu di banjarmasin, pengennya sih menyerahkan kukang saya (ibu saya ngasih nama Putra)ke IAR, saya sempat beberapakali minta tolong sama blog MEPOW gimana biar kukagn saya diserahkan ke IAR, tapi smpai skarang blum ada tnggapan srius.
    apa ada yayasan IAR di banjarmasin?
    disini prdagangan hewan yg dlindungi bnyk lho..
    mhon ditanggapi yah, saya tkut kukakgnnya kburu mati...makasih..hubungi saya di:
    0511-7766272
    FB: romeos_cry@yahoo.com
    saya tunggu...

    BalasHapus
  2. saya baru membeli kukang anggora warna abu2 putih yg ditawarkan seseorang dijalan.. sepasang seharga 1.2 jt rupiah untuk sepasang ... setelah saya membaca MEPOW saya bru tau ternyata kukang dilindungi dan langka, saya ingin sekali mengembalikannya sepasang kukang yg baru saya beli... yg saya tanyakan apakah saya mendapatkan uang ganti rugi dr saya membeli kukang tersebut ??

    BalasHapus
  3. Dear Michael,
    Anda bisa menghubungi kantor IAR langsung di nomor telepon (0251) 8389232.
    Terimakasih

    BalasHapus