Kamis, 03 November 2011

Kampanye Penyadartahuan Kukang


Salah seorang sukarelawan yang sedang menjelaskan kepada tamu
 Di hari minggu yang cerah tim dari Yayasan IAR Indonesia yang terdiri dari Winar (kordinator Program penyadartahuan kukang), Intan (dokter hewan), Diah (staf Administrasi), Indri (staf edukasi) serta Bobby, Itang, Rosadi, dan Barnas (animal keeper kukang) juga bersama-sama dengan volunteer (6 orang dari himpunan satwa liar fakultas kedokteran Hewan IPB, 4 orang siswi smpn 3 Bogor, 1 orang ilustrator) termasuk 2 orang dari KSDA Bogor datang ke Pasar Pemda di Cibinong.

Mereka datang untuk melakukan kampanye penyadartahuan kukang, sebelumnya ada pemberitahuan bahwa ada penjual satwa yang menjual kukang di Pasar Pemda Cibinong. Sekitar pukul 8 pagi (setelah tenda didirikan dan atribut kukang dipasang) kegiatan dimulai. Berapa volunteer mulai stand by di depan stand untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang lewat sementara yang lain pergi berjalan menyusuri pasar.

Beberapa orang yang benar-benar tertarik masuk ke dalam stand dan disana mereka diberikan penjelasan tentang kukang, tentang mengapa tidak boleh memelihara kukang, bahayanya serta perbedaan antara kukang dan kuskus. Beberapa yang lain, hanya melihat-lihat ke dalam ingin tahu namun tidak sampai masuk ke dalam stand.

Dari kuesioner yang ditanyakan kepada beberapa orang terdapat beberapa macam jawaban, mulai dari yang tidak tahu, tahu bernama kukang atau tahu namun namanya kuskus sampai ada yang pernah memelihara.

Sekitar pukul 12 siang tim menyelesaikan acaranya dikarenakan pasar sudah mulai sepi karena sudah banyak stand penjualan yang tutup.

Diharapkan setelah adanya kegiatan ini ada informasi yang menyebar bahwa tidak boleh memelihara kukang, membeli atau bahkan menjualnya, karena selain berbahaya kukang juga sudahtermasuk satwa yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan ada sangsi yang cukup berat.

13 komentar:

  1. saya punya kukang,saya ga tega kalo harus melihara'y lebih lama,,gmana yah cara'y kalo mau di rehabilitasi di IAR gmana cara'y yah???
    posisi saya di tangerang..ini no telp saya 083899617492

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. buat IAR tolong dung brikan edukasi tenteng perawatan dan penanganan kukang dgn baik dan benar.
    di forum KUKANG LOVERS.karna di situ saya lihat banyak yg kukangnya mengalami permasalahan.
    kalo bisa artikel2 IAR masuk di page1 di thread itu.
    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=567159085#post567159085

    BalasHapus
  4. saya juga punya kukang 1 ekor bagaimana mengembalikannya ke IAR? posisi sanya di semarang 08995508367

    BalasHapus
  5. untuk jubekx : terimakasih untuk informasinya, tim awareness kukang iar akan melakukan sesuatu untuk forum tersebut.

    BalasHapus
  6. untuk yang ingin memberikan kukangnya secara sukarela ke pusat rehabilitasi Yayasan IAR Indonesia, bisa menghubungi nomor telepon kantor kami di (0251)8389232.
    Terimakasih

    BalasHapus
  7. untuk IAR, saya punya kukang. sudah dari lama saya ingin menyerahkan kukang ini.

    tapi sampai sekarang belum bisa menerima kukang saya. saya harus gimana???
    sekarang si bongki kasihan. bulu nya bermasalah.

    saya berbulan2 menunggu kabar dari IAR Indonesia.
    saya push terus, tapi IAR tidak punya tempat untuk kukang saya.

    saya harus apa?
    saya harus gimana?
    katanya kalo melihara hewan liar dilarang bla bla bla bla, tapi sekarang mau saya serahkan tapi tidak bisa. hidup itu aneh ya.

    saya mengerti ini hanya masalah uang dari IAR tidak bisa meningkatkan kapasitas dari kualitas IAR sendiri. tapi tolonglah diusahakan.

    saya yakin kalau ini bukan IAR INDONESIA, pasti sudah menerima kukang saya. saya yakin 100%.
    sekali lagi ini masalah nyawa dari sesuatu makhluk..

    tolong bertindak;ah IAR, maaf tapi anda jangan hanya diam saja. kalau memang IAR itu benar2 dalam bidang rehabilitasi, maka tunjukkan kepada dunia. jangan begini caranya.

    jika mau menerima kukang saya, saya berterima kasih. jika mau ber argumen karena ucapan2 saya diatas atau tersinggung atau apapun, bisa hubungi saya.

    RENATO AKBAR
    085711118211
    (saya yakin nomer saya sudah ada di database IAR)

    BalasHapus
  8. assalamualaikum ..
    untuk iar nih ..
    saya punya kukang sepasang di rumah ..
    saya sengaja beli dari pedagang karena keadaan nya sangat memperihatinkan ..
    saya berniat untuk mengembalikannya ke habitat asal nya ..

    saya berharap bisa secepat nya karena saya kasihan kalau lama2 ..

    kira2 ada nomer kontek hp nya gak?
    karena saya tidak mepunyai telpon rumah dan cukup mahal kalau menelpon dari hp ke telpon biasa ..

    ANNISA NUR HANIFAH
    087821077173

    makasih sebelum nya ..

    BalasHapus
  9. Untuk mbak Annisa, mbak bisa mengirimkan informasi ini melalui email : informasi@internationalanimalrescue.org
    terimakasih

    BalasHapus
  10. Nama saya Tia,,sebelumnya saya sudah mengirimkan pesan saya ke email IAR..saya punya kukang yang saya beli di Bandung pada bulan Maret lalu..saya berencana untuk memasukkan kukang saya ke IAR,,
    Lalu bagaimana cara nya ya??
    Saya merasa kasihan melihat dia hanya ada didalam kandang,,Mohon bantuannya ya IAR...

    Tia Syafitri
    08561135890

    BalasHapus
  11. nama saya sarah, saya punya anak bayi kukang berjenis anggora. baru melihara sekitar 2minggu lebih setelah tau kukang tidak cocok untuk di pelihara saya berniat mau sukarela memberikannya ke tempat rehabilitasi agar ia bisa hidup bebas di alam.

    nurul sarah
    083890399904
    nurulsarah36@gmail.com

    BalasHapus
  12. Saya ferry, saat ini saya memiliki 2 ekor kukang jantan dan betina yang baru saya beli sekitar 2 minggu lalu. Saya berencana memasukkan kukang saya ke IAR, ga tega melihat mereka selalu bengong di dalam kandangnya.

    Mohon bantuannya, apa bisa pick up? Lokasi saya di cimanggis-depok.

    Salam,
    Ferry
    08111-905-148

    BalasHapus
  13. salam. saya karta di lampung sy menemukan kukan masih umur 3 bulan masih bulu jarum.sy merawat nya degan cara memberikan susu yg di susui oleh kucing sy. tapi lama kelamaan kukang nya jinak selalu ingin merangkul tangan untuk di belai,... krna sudah terbiasa kukan kecil ini tidak mau di pohon hanya mau dekat dengan manusia .setiap ada orang yg memegang kukang langsung menyambut nya untuk minta di peluk... banyak orang yg mau minta untuk memelihara kukan sy itu bahkan sempat di tawar oleh orang cina di hargai Rp 1,000,000 tapi tidak sy kasih. krna keimutan nya yg masih kecil buat orang yg memegang jadi gemes. sudah hampir 5 bulan sy merawat ny... yang katanya orang kukang binatang pemalu tpi kenyataannya tidak stelah sy pelihara dan sering berjumpa di keramayan orang2. bahkan makanan yg sy beri kekukang mewah berupa permen,dodol,coklat,martabak minum ny sosro, frute,air gula,teh, susu, cococola, jus2 pokonya yag serba manis. hingga sekarang malah akrab dengan ,orang2 dn tidak pemalu,2 hari yg lalu ada lg yg ingin membeli ny dgn harga 1,5 juta tpi tidah sy jual.. krn sy ingin memelihara dn merawat ny... menurut pendapat IAR apakah sy sebagai orang yg kejam,penolong,perauk keuntungan,ataw penyelamat.

    tnks salam dari BONI nama kukang sy

    BalasHapus