Senin, 07 November 2011

Benarkah kukang tidak punya gigi taring??!!


Gigi kukang sempurna
Banyak pemelihara kukang yang tidak tahu bahwa kukang memiliki gigi taring yang sangat tajam, hal ini disebabkan karena kukang yang dipelihara sudah tidak mempunyai gigi taring lagi.
Kok bisa???
Sebelum sampai ke tangan pemelihara, kukang memiliki perjalanan hidup yang tragis, selain kehidupan liarnya direnggut oleh pemburu, para penjual kukang yang mengambil kukang dari pemburu tidak memperlakukan mereka dengan layak. Kadang kukang dimasukan ke kandang yang sangat kecil sampai mereka sulit bergerak, di lain kesempatan kukang ditumpuk ke dalam 1 wadah yang cukup besar. Selain itu gigi taring mereka dicabut dengan tang atau dipotong menggunakan gunting kuku.
Kukang yang giginya sudah dicabut
Kukang memiliki sistem pertahanan yang menggunakan enzim/racun yang keluar dari lengan bagian dalam. Racun tersebut akan dijilat dan akan menempel pada gigi taringnya, selanjutnya jika kukang berhasil mengigit penyerangnya enzim/racun tersebut akan masuk ke dalam saluran darah. Pada manusia hal tersebut bisa menyebabkan demam ataupun bengkak di bagian yang digigit maupun di seluruh tubuh.
Nah, apakah anda masih ingin memelihara kukang?
Jika masih, pikirkan baik-baik tentang resiko gigitan kukang yang mungkin akan terjadi pada anda.
Atau menurut anda, anda merasa aman karena kukang sudah tidak memiliki gigi taringnya lagi..pikirkanlah..proses menyakitkan bagi kukang mulai dari diambil oleh pemburu sampai ke tangan anda!
Jika anda masih bersikeras untuk memelihara kukang berarti anda ikut serta berkontribusi dalam tragedi yang terjadi pada kukang karena selain proses pencabutan gigi yang  sangat menyakitkan, kukang tersebut juga memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk dapat kembali ke alam liar, karena mereka belum tentu dapat bertahan hidup di alam tanpa gigi taring.


3 komentar:

  1. To Yayasan IAR,
    Saya adalah seorang pecinta hewan.Saya sangat peduli dengan kelangsungan hidup hewan baik di alam liar maupun yg dipelihara orang. Saat ini ditempat saya ada seekor kukang yg ditemukan di pasar dan saya ingin menanyakan apakah saya bisa menyerahkan kukang itu pada anda untuk dilestarikan.

    BalasHapus
  2. Silahkan menghubungi kami di email informasi@internationalanimalrescue.org atau telepon ke kantor kami di 0251-8389232

    BalasHapus
  3. coba tinjau daerah pasar jatinegara,mereka banyak menjual hewan-hewan hutan

    BalasHapus