Selasa, 03 Agustus 2010

Tim IAR Indonesia Jemput Kukang sumatera di Bekasi

Olip sedang menjalani pemeriksaan medis
IAR, Bogor -- Tim Interntional Animal Rescue (IAR) Indonesia menyambangi kediaman pemilik Kukang sumatera (Nycticebus coucang) di bilangan Bekasi Timur, Jawa Barat pada 27 Juli 2010 lalu. Kukang yang dinamai Olip ini memiliki berat badan 800 gram dan panjang sekitar 24 centimeter.

Menurut penuturan pemiliknya, Olip dibeli dari pasar penjualan satwa di Jakarta seharga Rp 150 ribu. Saat itu usia Olip baru mencapai lima bulan. Setibanya dirumah, pemilik baru menyadari bahwa Kukang yang dibelinya itu sudah dalam keadaan cidera dipaha kiri.

Akibat minimnya pengetahuan, akhirnya pemilik menghubungi tim IAR untuk segera mengambil alih pemeliharaan Olip agar mendapatkan perawatan yang semestinya. Selama dipelihara, pemilik menempatkan Olip di dalam keranjang cuci sebagai kandangnya.

Tim segera membawa Olip ke pusat rehabilitasi di Curug Nangka, Ciapus, Bogor, Jawa Barat. Olip langsung menjalani perawatan medis sebelum kondisinya makin memburuk.

3 komentar:

  1. assalamualaikum.
    saya ridhora murdianto. padang, sumatra barat.
    saya ingin mengembalikan kukang yang saya dapat, kembali ke habitat aslinya.
    dan saya butuh informasi yang lengkap untuk bagaimana caranya supaya kukang tersebut dapat hidup di alam bebas.
    saya kasihan melihat dia bermain sendiri di pohon yang saya sediakan untuk dia. nama kukang saya "ferr".

    ini email facebook saya : ridhoramurdianto@yahoo.com
    mohon bantuanya.

    BalasHapus
  2. Dear Ridsu,
    kami kirimkan balasannya melalui email anda terimakasih

    BalasHapus
  3. small_printz5@yahoo.co.id13 Agustus 2012 pukul 12.26

    bagaimana cara saya mengembalikan kukang ke habitat aslinya?

    BalasHapus